Kerja Bakti Di Wilayah Jaringan Irigasi Surak Dusun Simping Desa Turirejo


jagadpos.id, Malang - Tiga unsur elemen diantaranya Pemdes Turirejo, yang diwakili oleh tiga RW 06, 07 dan 09, juga dari Dinas Pengairan Provinsi Jawa Timur, dan dari Gapoktan Sentul mengadakan kerja bakti pembersihan kali surak yang terletak di Dukuh Simping, Desa Turirejo, Minggu (19/1/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan karena banyaknya keluhan masyarakat mengenai penumpukan sampah disepanjang aliran kali surak. Petugas Dinas Pengairan Provinsi, Ara Kasie mengeluhkan kurangnya kesadaran masyarakat yang terus menerus dengan sengaja membuang sampah di aliran sungai.

Warga tidak memikirkan dampak dari perbuatan mereka, disamping bau yang tidak sedap, juga menimbulkan penyakit dan lebih parah lagi mereka tidak menyadari pembuangan terakhir dari aliran sungai ini yaitu di wilayah Desa Purwosari yang sering menerima kiriman banjir.
Ara menghimbau kepada masyarakat untuk menyadari dari ulah membuang sampah disungai ini.

Sementara H.Arief Sukmawanto SH,Mm sebagai Kepala Desa Turirejo kabupaten Malang menjelaskan, kalau dirinya sudah sangat sering mengadakan sosialisasi kepada masyarakatnya untuk tidak membuang sampah disungai juga memasang banner teguran, tetapi tetap tidak mempan.

Perlu diketahui saat ini program dari desa sudah ada dua tempat, yakni pembuangan sampah akhir dan bank sampah. Setelah kegiatan  ini H.Arief akan menggalakan pembuatan pupuk kompos dari sampah-sampah yang diambil dari kali surak ini, pupuk kompos tersebut nantinya untuk memupuk pohon sengon yang ada diwilayah desa Turirejo. (end/jp edit)

Reactions

Post a Comment

0 Comments