Masalah Banjir, Anies Salahkan Pemerintah pusat


jagadpos.id, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan atau akrab disapa Anies Baswedan menilai bahwa penyelesaian masalah banjir di ibu kota, turut bergantung pula pada proyek-proyek pemerintah pusat.

Menurut Anies, proyek-proyek itu, yakni pembangunan kolam-kolam retensi seperti DAM, waduk, dan bendungan di daerah hulu Jakarta.

"Dalam jangka panjang, kita harus melihat penyelesaian masalah banjir lebih komprehensif, terutama melalui pengendalian air di kawasan hulu," terang Anies usai meninjau banjir di kampung pulo, Jakarta, Kamis (2/1/20).

Anies menyampaikan, hal itu dikarenakan upaya normalisasi-normalisasi kali yang pembebasan lahannya merupakan tanggung jawab DKI, tidak sepenuhnya efektif menuntaskan masalah banjir. Anies memberikan contoh kampung pulo yang tetap banjir sekalipun kali ciliwung didekatnya telah dinormalisasi.

"Di sini memang sudah dilakukan normalisasi, dan faktanya masih tetap terjadi banjir," terang Anies.

Anies juga mengemukakan, jika proyek-proyek kolam retensi Pemerintah Pusat di hulu tuntas, limpahan air tidak akan terlalu besar lagi ke Jakarta. Anies meminta Pemerintah Pusat lebih serius sehingga masalah banjir di Jakarta bisa tuntas. (s.viv/jp edit)
Reactions

Post a Comment

0 Comments