Pemkab Nganjuk Bangun Sistem Pendataan Pemkab dan Desa


jagadpos.id, Nganjuk - Pemkab Nganjuk berupaya meningkatkan akurasi data dengan membangun data daerah dan data Desa.

Soal itu dimaksudkan untuk mendukung penyediaan data lebih lengkap, dalam rangka peningkatan percepatan pembangunan di Kabupaten Nganjuk.

Plt Sekda Kabupaten Nganjuk, Nur Solekan menjelaskan, data yang lengkap dan akurat mutlak dibutuhkan untuk mendukung pembangunan daerah dan desa.

Dimana dengan adanya data yang lengkap dan akurat dapat digunakan untuk menentukan arah pembangunan.

"Untuk itu, setiap OPD termasuk Kecamatan harus bekerja keras mendukung pembangunan data daerah dan data desa yang lebih lengkap dan detail," kata Nur Solekan, Kamis (30/1/2020).

Ditambahkan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki, saat ini data yang ada belum tersedia secara lengkap, akurat, dan belum memenuhi standar data.

OPD sebagai produsen data dan Desa punya kewajiban menyusun data profil Desa setiap tahun, sehingga ada sinergi antara Pemkab dengan Pemdes dalam membangun data.

“Untuk itu, dalam upaya mengatasi masalah data, Pemkab dan Pemdes mengadakan pendataan dengan metode sensus rumah tangga pada 284 Desa dan Kelurahan di Nganjuk mulai April sampai Juni 2020 mendatang," kata Slamet Basuki.

Selanjutnya dengan metode sensus, tambah Slamet, data yang akurat dapat dimanfaatkan oleh Kepala Desa untuk mengisi data Profil Desa dan data IDM, serta dimanfaatkan oleh OPD untuk keperluan SIPD.

Sebagai itu untuk keakuratan data Pemkab dapat dimanfaatkan Kepala Daerah untuk program pembangunan yang akan dilaksanakan.

"Maka dari itu, data yang akurat dan lengkap akan bisa mempermudah pengambilan kebijakan dengan tepat pula," tutur Slamet Basuki.
(Surabaya.tribunnews/jgp edit)
Reactions

Post a Comment

0 Comments