Parenting "SMPN Taman Sidoarjo Menjadi Orang Tua Dan Sahabat Pemimpin Masa Depan"


jagadpos.id, Sidoarjo - Parenting di SMPN taman sidoarjo merupakan salah satu program terpenting untuk membangun kesepahaman antara sekolah dan orang tua dalam mendampingi anak.

Adapun tujuan yang ingin dicapai diantaranya untuk menyamakan persepsi orang tua dan sekolah tentang visi atau tujuan pendidikan, disampaikan Ibu Basuki Rahayu, selaku guru SMPN 2 Taman Sidoarjo.

Selain itu juga untuk memberikan pemahaman tentang hakikat tugas perkembangan anak SMP dan manfaatnya untuk masa depan anak serta berbagi saran tentang cara mendampingi anak di rumah agar pendidikan di rumah selaras dengan sekolah. Harapan kepalah sekolah. Supaya orang tua juga menjadi guru. 

Parenting diberikaan kepada wali murid kelas 9 sebanyak 400 murid dan di hadiri orang tua yang hadir 81%. Narasumber parenting diberikan oleh wali murid siswa kelas 9 (M.Fery Ardiansyah) dan  team parenting Ibu Dewi ditambah para trainer guru kelas 9.

Materi yang diberikan dalam parenting, tentang manajemen aturan di rumah yang isinya mencakup 1. Menyadari perlunya “aturan” bagi anak. 2. Menentukan “batasan” bagi anak. 3.Membuat kesepakatan dengan anak. 4. Mengontrol pelaksanaan aturan. 5. Mengatur rutinitas.

Hasil evaluasi parenting dari para wali murid bahwa 60% menyatakan. Bahwa parenting dapat  menambah pemahaman baru dalam mendampingi anak di rumah.

Harapan kepalah sekolah dan wali murid yaitu, "adanya komitmen untuk perbaikan dalam mendampingi anak, meningkatkan kuantitas dan kualitas kebersamaan dengan keluarga, membangun kesepakatan aturan dengan anak, mengingat pentingnya parenting maka para orang tua berharap agar parenting dilaksanakan secara periodik dan berkelanjutan," pungkasnya. (Ary)

Reactions

Post a Comment

0 Comments