Pemkot Madiun Gelar Sosialisasi Literasi dan Inklusi Keuangan


jagadpos.id, Madiun  - Pemerintah Kota Madiun bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kediri, BRI, Askrindo dan pegadaian menggelar sosialisasi literasi dan inklusi keuangan di Aston Hotel, Kota Madiun, Rabu (19/2/2020).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun untuk meningkatkan kapasitas dan level atau kelas UMKM Kota Madiun, serta untuk mendukung perekonomian di Kota Madiun.

Wakil Wali Kota (Wawali) Madiun Inda Raya usai membuka sosialisasi mengatakan, selain pembinaan terkait produk, para pelaku UMKM juga perlu diberikan sosialisasi tentang jasa keuangan perbankan, asuransi maupun pegadaian.

Wawali  Kota Madiun Inda Raya menambahkan bahwa UMKM di Kota Madiun telah merasakan sendiri bagaimana Pemkot telah sedemikian rupa memperhatikan mereka. 

Lebih lanjut,dalam rangka pembangunan ke depan, misi pemerintahan MADA (Maidi-Inda) adalah mengangkat kelas UMKM dengan menyediakan tempat-tempat yang bisa digunakan sebagai tempat berjualan dan menunjukkan produknya. 

Seperti Sumber Umis, Rimba Darma, dan Peceland yang memang membutuhkan UMKM yang punya kualitas dan bisa mensupport pembangunan Kota Madiun.

"Disamping itu, pembinaan UMKM juga tetap dilakukan," ujar Wawali Kota Madiun.
Sosialisasi diisi dengan pengenalan program-program perbankan, asuransi dan pegadaian yang dijabarkan semua satu per satu.

Sosialisasi ini dilakukan agar UMKM tidak awam dengan adanya fasilitas perbankan, asuransi dan pegadaian untuk mensupport pelaku UMKM. 

Menurutnya beberapa pelaku UMKM sudah merasakan manfaatnya terutama bantuan permodalan. Tetapi ada juga beberapa yang masih tanda tanya, segan, dan takut. Tetapi setelah sesi tanya jawab, dan para pelaku UMKM mengutarakan uneg-unegnya, ternyata, banyak hal-hal yang ingin ditanyakan terkait bagaimana menjadi agen, plafon pinjaman dan lain sebagainya. (s.rud)

Reactions

Post a Comment

0 Comments