Wisata Air Terjun Di Tuban Yang Wajib Didatangi, Sejuk Dan Segarkan Pikiran

Sumber:vivarich


jagadpos.id, Tuban - Tuban merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur yang juga berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Kabupaten Tuban berbatasan langsung dengan Rembang di sebelah barat, Lamongan di sebelah timur, dan Bojonegoro di sebelah selatan.


Tuban dilintasi jalur Pantai Utara dengan deretan pegunungan Kapur Utara. Kabupaten ini memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Karena berada di kawasan Pantai Utara, Tuban dikenal memiliki jajaran pantai yang mempesona.

Namun, tak cuma pantai yang bisa dijelajahi di kota seribu goa ini. Tuban juga memiliki destinasi air terjun yang tak kalah mempesona. Deretan air terjun ini berada di pegunungan dan hutan yang sejuk dan jauh dari hiruk pikuk pantura yang panas.

Wisata air terjun ini bisa jadi alternatif berlibur di akhir pekan. Berikut wisata air terjun di Tuban yang berhasil jagadpos.id rangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/2/2020).

Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip berada di Dusun Jojogan, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter ini dikelilingi pepohonan yang hijau dan rimbun. Pada musim kemarau airnya berwarna biru tosca yang sangat indah. Air terjun ini menjadi salah satu destinasi populer di Tuban.

Nama ‘Nglirip’ diambil dari nama puteri yang dipercaya arwahnya masih mendiami gua yang berada di dinding air terjun. Warga sekitar percaya gua tersebut digunakan sang putri untuk bertapa saat patah hati cintanya tidak direstui. Masyarakat sekitar percaya bahwa air terjun ini terlarang bagi pasangan yang sedang menjalin hubungan atau calon pengantin. Konon, pasangan yang mengunjungi air terjun ini akan terpsah kurang dari 40 hari setelah mengunjungi air terjun ini.

Air Terjun Bongok


Air Terjun Bongok berada di Dusun Kerokan, Desa Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Air terjun ini berada di tengah hutan jati dan perbukitan kapur. Air terjun ini cukup tersembunyi dan hanya dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua.

Meski begitu, keindahan Air Terjun Bongok sangat memanjakan mata. Air terjun ini juga sudah cukup populer di masyarakat sekitar. Pada akhir pekan banyak orang yang menghabiskan waktu di air terjun ini menikmati keasrian dan hijaunya panorama sekitar air terjun.

Air Terjun Gajahan

Air Terjun Gajahan berada di Ngulahan, Tambakboyo, Tuban. Untuk menuju lokasi Air Terjun Gajahan pengunjung perlu menempuh perjalanan sekitar 37 kilometer atau 1 jam, perjalanan dari pusat kota Tuban.

Air terjun ini memiliki panorama bebatuan besar yang eksotis dan masih sangat asri. Air Terjun Gajahan dikelilingi hutan yang hijau dengan udara segar dan menenangkan.

Reactions

Post a Comment

0 Comments