Dana Desa Wonoayu, Madiun Untuk Pavingisasi Jalan Desa


jagadpos.id, Madiun - Dalam rencana kerja pemerintah Desa Wonoayu, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Dana Desa (DD) diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan Desa, kualitas hidup manusia, serta penanggulangan kemiskinan.

Kepala Desa Wonoayu Suyun, mengatakan Dana Desa (DD) tahun 2020 membantu mengatasi ekonomi di Desanya, antara lain kemiskinan bisa dikurangi, laju urbanisasi bisa dihambat dan ketimpangan bisa dipersempit, Dana Desa sudah terserap dengan baik, yang pertama digunakan untuk pavingisasi (paving block).

”Saya berharap agar pekerjaan dilakukan betul-betul sesuai dengan teknis yang ada, sehingga 
pembangunan dapat sesuai yang diharapkan masyarakat dan pemerintah," ujar Kades Suyun, Senin (23/3/2020).

Ia berharap pembanguan pavingisasi di Desa Wonoasri bisa dirasakan masyarakatnya serta kedepan Dana Desa (DD) dan Alokasi dana Desa bisa bertambah, ”kita mengikuti yang diberikan pemerintah semoga diluar DD dan ADD ada program lainya,” ungkap Suyun.

Lebih lanjut dikatakan, sementara untuk Dana Desa (DD) dipergunakan untuk jalan-jalan yang 
besar dulu sesuai dengan Musdus (musyawarah Dusun) dan Musdes (musyawarah Desa),
”Masyarakat minta jalan-jalan besar diperbaiki dulu, karena itu betul-betul akses ekonomi masyarakat, Semoga berjalan dengan baik, dan tidak ada kendala dalam pekerjaan pavingisasi, mudah-mudahan bermnafaat untuk masyarakat kami dan sekitarnya, untuk Alokasi Dana Desa akan ditambah lagi tiap tahunnya," pinta kades Suyun.

Sementara itu, Ketua tim pelaksana kegiatan (TPK) Desa Wonoayu Suprianto menambahkan, Dana Desa (DD) tahap pertama untuk pavingisasi Dusun 2, RT 7 dengan volume panjang 424 meter dengan lebar 3,4 meter dan pekerjaanya dimulai bulan Februari 2020.

"tidak ada kendala dilapangan untuk material dan tenaga, cuma terkadang terhambat kondisi cuaca serta kendala orang hajatan,” ujar Suprianto.

Selain itu kataSuprianto, untuk tenaga kerja diambilkan dari lingkungan setempat, kecuali tidak 
bisa baru lingkungan lainnya, tapi masih satu Desa Wonoayu, ”jalan yang dipavingisasi ini sebenarnya sudah aspal tetapi sudah rusak parah, jadi pekerjaanya dikasih uruk dulu baru di pavingisasi,” katanya.

Ia berharap, untuk anggaran ini terus berlanjut, karena sangat bermanfaat, apalagi untuk jalur tranportasi khususnya masyarakat Desa Wonoayu, syukur-syukur tahun depan anggaran Dana Desa (DD) ditambah lagi, "target bulan Maret bisa selesai, kalau tidak ada kendala hujan dan orang hajatan, karena masyarakat antosias sekali dengan program pavingisasi ini," jelas Suprianto. (s.rud)

Reactions

Post a Comment

0 Comments