Kapolres Malang Launching SIM Salabim Di Satpas Singosari


jagadpos.id, Malang - Kapolres Malang AKBP Hendri Umar melaunching SIM Salabim (SIM Sambil Berjalan Lebih Mudah ) di Satpas Singosari, Sabtu (21/3). Sim Salabim merupakan suatu inovasi baru walaupun sebenarnya dikalangan Polda Jatim sudah hampir memberlakukan pengurusan perpanjangan sim dengan cara drive thru, tetapi Kabupaten Malang patut berbangga diri karena merupakan yang pertama kali dalam pengurusan perpanjangan Sim C dan Sim A karena diwilayah lain baru pengurusan Sim C saja.

Kapolres Malang dalam awal sambutannya menjelaskan rasa sangat prihatinnya atas apa yang sedang terjadi dihampir seluruh negara termasuk Indonesia sendiri, dengan adanya bencana nasional virus Covid-19 marilah kita menjalankan slogan nasional "Lindungi Diri Lindungi Sesama," jadi untuk menghindari virus ini dimulai dulu dari diri sendiri yaitu kembali menuju ke pola hidup sehat.

SIM Salabim ini merupakan program Kapolres Malang AKBP Hendri Umar yang sengaja meminta kepada Kasatlantas AKBP Williem yang sebenarnya sudah dipindah tugaskan ke Polda Jawa Timur. Dengan waktu yang sangat singkat, hanya 2minggu Kasatlantas bisa mewujudkan inovasi baru dalam pengurusan perpanjangan SIM.

Kapolres Malang menjelaskan, SIM Salabim adalah pengurusan perpanjangan SIM C maupun SIM A dengan cepat hanya memerlukan waktu kurang dari 10 menit, karena pemohon dengan tetap diatas kendaraannya mulai dari penyerahan data dilanjutkan pembayaran bank kemudian pemotretan dilakukan diloket-loket satu deretan.

SIM Salabim ini bisa terealisasi karena Kapolres sangat memahami kalau masyarakat Kabupaten Malang ini tidak mau ribet tetapi mau cepat dan praktis dalam pengurusan. Kabupaten Malang dengan luas wilayah 3500 km persegi dengan penduduk 2,9 juta jiwa, harapan Kapolres masyarakat semakin sadar diri dengan melengkapi surat-surat dalam berkendara, mengingat dalam pantauan Polres Malang pada tahun 2019 telah terjadi 869 kasus kecelakaan.

Kapolres Malang juga menyampaikan kalau Desember 2019 kemarin Polresta Malang telah meraih WBBL (Wilayah Birokrasi Bersih dalam Layanan). Dalam launching SIM Salabim ini, Kapolres Malang AKBP Hendri Umar juga mengenalkan Maskot baru dari Polresta Malang yaitu sosok yang menggambarkan anggota polisi dengan pakaian seragam lengkap memakai peci hitam dengan Pin Bendera Merah Putih juga memakai Syal Arema, yang mengandung arti pemakaian peci melambangkan anggota polisi juga mengutamakan nilai-nilai keagamaan.

Sementara Pin Bendera Merah Putih mempunyai arti seorang polisi adalah tetap seorang nasionalis yang akan tetap mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan golongan maupun pribadi, sementara Syal Arema menggambarkan polisi juga Aremania yg bangga mempunyai Arema, dimana saat ini Polresta Malang mengangkat slogan "Satu Jiwa" yaitu Sahabat masyarakat yang siap dengan tuntas melaksanakan tugas. (End /Nad)

Reactions

Post a Comment

0 Comments