Walikota Madiun Ingin Kantor hingga Pasar Tambah Bilik Sterilisasi, Upaya Penanggulangan Penyebaran Covid-19


jagadpos.id. Madiun - Bilik sterilisasi kini juga ada di Kota Madiun. Bahkan, Walikota Madiun Maidi berencana akan menambahnya. Mulai di kantor pelayanan, pusat perbelanjaan sampai masjid. Hal itu dirasa penting dan perlu untuk memperkuat upaya penanggulangan penyebaran Covid-19 di Kota Madiun. 

Bilik tersebut sementara ada di Balai Kota Madiun, setiap petugas Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 wajib masuk bilik terlebih dahulu. Sterilisasi petugas penting lantaran cukup berpotensi tertular saat bertugas. Begitu juga Forpimda yang hadir saat Apel Serentak Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 tersebut. 

"Bilik akan ditambah. Nanti semua kantor pelayanan harus punya ini. Masyarakat yang datang harus masuk bilik dulu,’’ ujarnya, Jumat (27/3/2020).

Selain itu, mall sampai minimarket juga harus menyediakan. Begitu juga pasar tradisional. Walikota Madiun  menyebut mall, minimarket, dan pasar masih buka. Namun, dengan menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan. Mulai tempat cuci tangan, sabun, dan hand sanitizer. Peralatan bersih-bersih diri itu akan ditambah bilik sterilisasi nantinya. 

"Pembeli dan penjual harus lewat bilik itu dulu. Nanti akan disiapkan lebih banyak lagi,’’ jelasnya. 

Namun, untuk gelaran Sunday Market, pasar burung, Alun-alun, Lapangan Olahraga Gulun, dan kawasan pedestrian stadion ditutup sementara. Hal itu dilakukan lantaran petugas kesulitan menerapkan SOP penanggulangan Covid-19 tersebut. Pun, tidak memungkinkan lantaran banyaknya masyarakat yang datang.

Namun, SOP diberlakukan ketat bagi tempat yang masih dimungkinkan buka. Seperti mini market hingga pasar tradisional. Sterilisasi yang dilakukan Pemkot Madiun memang beragam. Mulai kewajiban memasang tempat cuci tangan dan sabun di depan toko dan kantor, penyemprotan lingkungan menggunakan spray dan mobil Damkar hingga bilik sterilisasi tersebut. 

"Kota kita memang tidak lockdown. Tapi masyarakat harus taat. Harus disiplin mengikuti instruksi pemerintah. Penanggulangan Korona ini akan maksimal kalau kita semua disiplin,’’ pungkasnya. (s.rud)

Reactions

Post a Comment

0 Comments