Desa Cabean Manfaatkan DD Untuk Penerangan Jalan

Kepala Desa Cabean, Muhammad Soleh saat di lokasi tiang listrik

jagadpos.id, Madiun - Dalam rangka keberpihakan kepada masyarakat dan komitmen Pemerintah Desa terhadap kemajuan Desa Cabean, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mempunyai program "Desa Terang".

Program ini, sudah dilaksanakan dengan memasang lampu sebanyak 65 titik sepanjang 1,5 kilometer. Keberadaan lampu penerangan jalan di Desa Cabean, sangat membantu penerangan pada malam hari.

Kepala Desa Cabean, Muhamad Soleh, mengatakan, pihaknya menggunakan tiang listrik dari besi dengan ukuran 2,5 dim dengan tinggi lima meter.

"Ini penghubung antar dusun. Diantaranya dusun Bengkok. Kalau yang paling barat menuju ke sawah, hampir satu kilo meter. Sisanya untuk jalan ke pemakaman. Kalau sumber anggarannya, dari Dana Desa (DD). Alhamdulilah sekarang sudah nyala semua. Kalau dayanya, 3000 watt," terang Muhamad Soleh, Kamis (16/4/ 2020).

Menurutnya, pengadaan penerangan listrik tersebut sudah menjadi cita-citanya sebelum menjadi Kepala Desa. Harapannya, kalau desa terang, hati juga senang.

Selain untuk penerangan jalan, sesuai rencana, DD juga untuk membangun jembatan dan sarana olahraga yang berada di utara SMPN 2 Sawahan.

"Tapi karena sekarang ada pandemi Covid-19, anggaran dialihkan dulu untuk penanganan wabah tersebut. Sekarang fokus pada Covid-19. Yang perlu dicatat, setiap saya melangkah atau mengambil kebijakan, selalu minta petunjuk Pak Camat. Lebih lebih terkait anggaran harus satu komando antara Bupati, Camat Kades dan Kasun," tutur matan, Waka Koramil Sawahan.

Apel pagi yang diadakan Kepala Desa Cabean, Muhammad Soleh dan perangkat desa

Sementara itu terkait kedisiplinan, perangkat Desa Cabean patut dicontoh. Pasalnya, dengan dipimpin Kades, setiap pagi di kantor desa rutin digelar apel pagi. "Seluruh perangkat desa harus aktif dan datang tepat waktu untuk mengikuti apel pagi," tegasnya.

Sementara salah satu warga Cabean yang enggan disebut namanya mengatakan, sangat senang sekali dengan program desa terang ini, jalan menjadi terang benderang," sebelumnya lewat sepanjang jalan sawah gelap, Alhamdulillah Desa Cabean sekarang terang," ungkapnya. (s.rud)

Reactions

Post a Comment

0 Comments