Kronologi Penanganan Pasien Positif Corona Oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Malang


jagadpos.id, Malang - Pasien positif Covid-19 yang telah dinyatakan negatif (sembuh) diserahkan kepihak keluarga, Selasa (7/4). Drg. Arbani Mukti Wibowo selaku jurubicara dari Satgas Covid-19 Kabupaten Malang menjelaskan kronologi penanganan terhadap pasien positif Covid 19.

Menurut Drg.Arbani, "kesembuhan pasien adalah semata-mata karena ada campur tangan dari Allah SWT, sudah sewajarnya kita wajib bersyukur atas pertolongan Allah dan juga usaha keras dari Tim Satgas Kabupaten Malang dalam menangani dengan cepat dan tepat untuk pasien," ungkap Arbani, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Malang.

Dijelaskan juga oleh Arbani, selain dari penanganan medis, kesembuhan pasien harus didasari dengan keinginan dan motivasi pasien untuk sembuh, satu keluarga yang terdiri dari nenek, bapak dan dua anaknya sangat memotivasi diri masing-masing untuk cepat sembuh, dalam hal ini yang patut diketahui adalah kondisi pasien ketika dievakuasi oleh tim medis masih dalam keadaan sehat.

"Pelaksanaan evakuasi menggunakan ambulans PSC 119 dan semua petugas menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap kemudian dibawa menuju ke RSUD Kanjuruhan karena RSUD Kanjuruhan merupakan salah satu RS rujukan yang ditunjuk Pemprov Jatim," jelas Arbani.

Setiba pasien di RSUD Kanjuruhan tim medis melakukan upaya Screening dan photo thorax, setelah hasilnya keluar pihak RS memberikan penjelasan dengan sangat hati-hati agar pasien tidak sampai shock, kalau ternyata dirinya divonis positif Corona.

Selain memberikan penjelasan, pihak RS juga memberikan arahan kepada pasien untuk tenang dan bersedia mengikuti aturan RS dalam hal penanganan secara medis, kita jelaskan dengan memberi motivasi kalau corona bisa disembuhkan.

Melalui perawatan intensif perkembangan pasien sangat bagus, setelah dilakukan Swab 2X akhirnya pihak RS memastikan pasien sudah negatif corona. Drg.Arbani sangat menghimbau hendaknya masyarakat tidak menolak atau mengasingkan pemulangan pasien yang sudah dinyatakan sembuh.

"Bagaimanapun mereka berhak untuk bersosialisasi, tentu saja mereka yang sudah sembuh harus tetap mengikuti anjuran pemerintah yaitu mengisolasi diri dirumah dan tidak keluar rumah bila tidak ada keperluan penting, dan kalau keluar harus memakai masker,"demikian penjelasan Arbani.

Dalam kesempatan giat ini Bupati Malang beserta Tim Satgas kabupaten Malang menerima bantuan dari PT Bentoel dan Rotary Club berupa handsanitizer, masker dan Alat Pelindung Diri. (End)

Reactions

Post a Comment

0 Comments