Program BKK Desa Bener Dan Drainase Berjalan Lancar

Kepala Desa Bener, Sukidi saat di lokasi

jagadpos.id, Madiun - Program Padat Karya atau dikenal Bantuan Keuangan Kusus [BKK]  tahun 2020 Desa Bener Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun, Jawa Timur sudah dimulai.

Pekerjaan padat karya infrastruktur yang melibatkan warga setempat Dusun Siwalan Desa Bener sedang dilaksanakan pekerjaan pavingisasi dan drainase RT 24 RW 05 Dusun Siwalan, ”untuk pekerjaanya melibatkan warga sekitar Dusun Siwalan, berupa padat karya mengunakan anggaran bantuan keuangan kusus," kata Kepala Desa Bener Sukidi, Selasa [7/4/2020].

Ia menambahkan  untuk  padat karya  ini merupakan  program pemerintah kegiatan pemberdayaan masyarakat Desa khususnya yang miskin  bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan  sumber daya tenaga kerja untuk mendapatkan pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sedangkan proyek pavingisasi Desa Bener Dusun Siwalan RT 24 RW 05 dengan volume panjang 3 x 198 meter dengan dana  Rp 150.000.000,- dan pembangunan drainase ½ gorong-gorong dengan dana Rp 50.000.000,- sumber dana bantuan keuangan kusus [BKK].

papan nama

Kepala Desa Bener,Sukidi  juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama  mewujudkan  kemandirian, ”lakukanlah penguatan dan peningkatan  kapasitas sumberdaya jika ini bisa dilakukan bersama-sama tentu tidak akan  lama lagi Desa Bener segera terwujud,” ujar Sukidi.

Sukidi juga mengingatkan tim pengelola kegiatan agar mengedepankan akuntabilitas dalam penggunaan bantuan keuangan kusus [BKK] tahun 2020 untuk pavingisasi dan drainase, ”kita harus hati-hati terkait akuntabilitas, baik mulai perncanaan, pelaksanaan, pengawasan juga pelaporan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Sukidi program pavingissi dan drainase  sudah dimulai awal april 2020,” InsyaAllah bulan april ini selesai, karena tidak ada kendala material maupun tenaga dan cuaca yang mendukung, jadi target bulan april selesai,” tambahnya.

Sementara perangkat Desa Bener, Ike Mayangsari menambahkan untuk Desa Bener ada lima Dusun antara lain Dusun Bener, Dusun Kedungdang, Dusun Borok, Dusun Boto Mulyo dan Dusun Borok masing-masing mempunyai Kepala Dusun, jadi total perangkat Desa Bener 11 perangkat Desa, dengan jumlah penduduk 2.742 jiwa, ”sedangkan untuk Dana Desa [DD] tahap satu untuk pavingisasi Dusun Siwalan RT 20 dan pavingisasi Dusun  Dusun Siwalan RT 20 dan pavingisasi Dusun Kedungdang RT 10-11, sudah seratus persen selesai," ujarnya. (s.rud)

Reactions

Post a Comment

0 Comments