Walikota Madiun Ajak Media Turut Perangi Covid-19 Dan Memerangi Hoax


Walikota Madiun, Maidi saat forum komunikasi sinergitas pers

jagadpos.id, Madiun - Pers memegang peran penting dalam jalannya pembangunan. Apalagi saat pandemi seperti ini. Karenanya, Walikota Madiun Maidi mengajak pers di Kota Pendekar untuk turut berjuang melawan pandemi. Salah satunya, dengan turut memerangi hoax. 

"Saat ini banyak sekali berita-berita, informasi-informasi yang belum jelas kebenarannya. Pers sebagai penyebar informasi harus juga turut memerangi informasi yang seperti itu,’’ kata walikota Madiun saat Forum Komunikasi Sinergitas Pers Pemerintah Kota Madiun di GCIO Dinas Kominfo Kota Madiun, Selasa (12/5/2020).

Memerangi hoax bisa dengan beragam cara. Salah satunya, dengan turut memberitakan yang sebenarnya terkait informasi yang belum jelas tersebut. Artinya, masyarakat segera mendapatkan berita yang sebenarnya.

Hal itu penting, agar pesan bohong itu cepat tenggelam dengan sendirinya. Sebaliknya, informasi bisa menjadi berbahaya jika dibiarkan. Sebab, masyarakat bisa saja menganggap itu benar jika sudah banyak yang menyebarluaskan. 

"Pers juga harus mendidik. Mari bersama kita menciptakan SDM yang unggul untuk Kota Madiun,’’ imbuhnya. 

Karenanya, sinergi pemerintah dengan pers wajib terjalin baik. Hal itu bisa dimulai dengan komunikasi yang baik. Walikota membuka pintu lebar-lebar untuk bertanya terkait informasi yang belum jelas. Hal itu penting agar informasi yang disampaikan ke masyarakat juga utuh. Tidak setengah-tengah.

Walikota juga berharap peran pers dalam menjaga Kota Madiun. Apalagi, pers menjadi salah satu ujung tombak kemajuan suatu daerah, khususnya di bidang informasi. 

"Mohon saya dibantu. Yang masih kurang, silahkan saya diberi masukan. Yang sudah bagus ya tolong juga disampaikan ke publik,’’ harapnya sembari menyebut menjadikan Kota Madiun sebagai barometer Jawa Timur wilayah barat. (s.rud)

Reactions

Post a Comment

0 Comments