Jelang PPDB SD/SMP, Sekolah Siapkan Sarana Prasarana Sambut Tahun Ajaran Baru


jagadpos.id, Madiun - Menjelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), lembaga pendidikan di Kota Madiun mulai mempersiapkan diri. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh pengelola SDN 05 Madiun Lor atau Endrakila.

Selasa (9/6/2020), para guru tampak berada di sekolah. Sebagian dari mereka membersihkan ruangan kantor dan kelas. Sebagian lainnya mengerjakan tugas berbeda. Misalnya, membuat wastafel. Sedangkan, beberapa siswa kelas VI tampak berada di sekolah untuk mengembalikan buku yang mereka pinjam dari perpustakaan.

Guru Kelas SDN 05 Madiun Lor Joko Pramono menuturkan, sekolah tempatnya mengajar ini memang sedang mempersiapkan PPDB. Tidak hanya membersihkan seluruh area dan menyediakan sarana prasarana kebersihan, pihak sekolah juga melakukan penyemprotan desinfektan.

‘’Protokol kesehatan sudah kami jalankan. Harapannya, ketika siswa masuk nanti semua sudah siap. Serta, tidak meningkatkan resiko penularan Virus Korona,’’ tuturnya.

Untuk meminimalisasi penularan, PPDB tahun ini juga dilaksanakan secara daring. Sehingga, tidak ada lagi pendaftaran melalui sekolah. Meski begitu, pihak sekolah tetap menyediakan petugas untuk membantu orang tua yang kesulitan mendaftarkan anaknya melalui sistem online.

Sementara itu, kepala sekolah SD-SMP negeri dan swasta mengikuti rapat koordinasi PPDB di Dinas Pendidikan Kota Madiun. Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Madiun Sri Marhaendra Datta menuturkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menyamakan persepsi antara dinas dan sekolah.

‘’Kami harap, PPDB tahun ini berjalan lancar dan tidak ada kendala pada saat pelaksanaannya nanti,’’ terangnya saat ditemui setelah rapat koordinasi dengan guru SD.

PPDB SD dan SMP negeri tahun ini akan dilaksanakan mulai 1 Juli 2020. Namun, sebelumnya ada tahapan lainnya seperti pengambilan pin dan legalisir sertifikat lomba bagi yang memiliki. ‘’Untuk perwal PPDB sedang menunggu tanda tangan walikota. Namun, petugas PPDB di sekolah sudah kami bekali dengan pelatihan agar dapat membantu masyarakat dalam proses pendaftaran nanti,’’ tandasnya. (s.rud)

Reactions

Post a Comment

0 Comments