Wisata Predator Fun Park di Kota Batu Beroperasi Lagi


Sejumlah destinasi wisata di Kota Batu mulai beroperasi lagi satu diantaranya Predator Fun Park


Jagadpos.id, Malang – Sejumlah destinasi wisata di Kota Wisata Batu bakal beroperasi lagi setelah sekira tiga bulan tidak beroperasi akibat pandemi Covid-19. Pemkot Batu melakukan pemeriksaan di sejumlah destinasi wisata melalui tim supervisi, diantaranya dilakukan pada wisata Predator Fun Park di Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Setelah melalui pemeriksaan panjang terkait kelayakan standar protokol kesehatan pada (09/6/2020) diputuskan wisata Predator Fun Park sudah memenuhi standar protokol kesehatan dan diijinkan untuk beroperasi lagi Sabtu (11/7/2020). 
Protokol kesehatan diterapkan di area tempat wisata guna mencegah penyebaran pandemi Covid-19


"Kita tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku agar terhindar dari wabah virus Covid-19, terpenting juga semua karyawan dan staff serta pengunjung tetap menjaga kebersihan dan mematuhi protokol kesehatan dan menyiapkan APD lengkap di setiap pos dalam area untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Apabila tiba - tiba ada pengunjung yang pingsan di dalam area agar petugas tetap bisa menolong dengan APD lengkap," ujar salah seorang anggota Kodim

Antara lain masker, sarung tangan dan face shild. Untuk pembayaran tiket disarankan melalui online. Pihak pengelola wisata memperbolehkan pembayaran secara offline dengan menggunakan sebuah alat untuk meletakkan uang dan tiket agar tidak terjadi kontak langsung.

"Kami juga sudah mempersiapkan beberapa washtafel di luar maupun dalam area, sebelum dan sesudah memasuki area Predator Fun Park wajib di cek suhu menggunakan termogan dan untuk maximal suhu badan wisatawan yang bisa memasuki area Predator Fun Park yakni 37,3 derajat celcius. Jika lebih dari itu tidak diperbolehkan masuk dan disarankan untuk isolasi mandiri atau langsung masuk ke posko, " ujar Samuel, Operasional Manager

Survei ini dilakukan Kepala Dinas Pariwisata Pemkot Batu beserta jajaran didampingi perwakilan dari Dinas kesehatan, BPBD, PHRI,  anggota Kodim dan Polres Kota Batu.

Dibukanya lagi Predator Fun Park (Jatim Park group) sesuai dengan ketentuan tempat wisata yang boleh beroperasi di masa new normal yakni kategori wisata outdoor. Sedangkan untuk kategori wisata air seperti kolam renang sementara masih di tutup.

Imbauan dari Dinas Pariwisata Pemkot Batu ke manejemen Predator Fun Park agar memperhatikan jumlah pengunjung untuk tetap menjaga jarak dengan membatasi jumlahnya yakni 50 persen.

"Karena Predator Fun Park tergolong wisata kecil. Per hari pengunjungnya sekira 2.000 orang, karena dalam kondisi seperti ini maka kita batasi menjadi 1.000 pengunjung sesuai SOP yang sudah ditetapkan," tegas Wafi, marketing Predator Fun Park

Harga tiket destinasi wisata ini mengalami penurunan menjadi Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu dari harga normal Rp 50 ribu hingga Rp 70 ribu.

Tim Gugus Tugas Covid-19 didukung jajaran Kepolisian juga sudah bersiaga di area wisata. "Secara keseluruhan semua sudah siap. Dari internalnya pun saya lihat juga sudah siap. Yang perlu diperhatikan hanya memindahkan ruang isolasi karena yang sudah ada dianggap terlalu panas tempatnya. Sedangkan untuk fasilitas umum seperti musholla dan toilet sudah memenuhi SOP,” ujar Dece dari PHRI.

Lebih lanjut Dece mengharapkan, pariwisata di Kota Batu tetap berjalan walaupun berdampingan dengan Covid-19. “Tage line wisata Kota Batu adalah wisata aman dan sehat karena zona Kota Batu masih oranye, " jelas Dece.

Sedangkan menurut Arif, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, diharapkan dengan dibukanya wisata dan hotel di Kota Batu bisa menormalkan kembali perekonomian dan pendapatan daeran yang mayoritas pendapatan masyarakat berasal dari sektor pariwisata.

“Akibat pandemi Covid-19 pendapatan daerah Kota Batu. Dengan normalnya kembali tempat wisata dan hotel maka Kota Batu bisa segera menjadi wisata aman, bersih, maju dan berkembang, “ pungkas Arief. (nad/end)
Reactions

Post a Comment

0 Comments